KOMUNITAS PENGGIAT WISATA DAN BUDAYA MANDAR


Lokasi Anda : Home Wisata Polewali Mandar Hutan Pinus Tapango, Mereguk Damai Di Dataran Tinggi Polman

Tampil : 566 kali.

Hutan Pinus Tapango, Mereguk Damai Di Dataran Tinggi Polman

Selasa, 17 April 2018 02:42
oleh Muhammad Tom Andari

Ingin merasakan kedamaian di dataran tinggi dan kebetulan berada di kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat? datanglah ke hutan pinus desa Batu, kecamatan Tapango, ada sensasi tenang dan mendamaikan yang dapat Anda reguk. Jaraknya lumayan jauh dari jalur jalan provinsi atau pusat kota kabupaten, dari kota Polewali jaraknya sekitar 40-an km dengan jalur yang tak jelas dan tanpa keterangan papan penunjuk. Untuk menuju hutan homogen dengan kawasan yang padat pinus ini dapat ditempuh melalui jalur utama via Pelitakan,  (jalur menuju pusat kota kecamatan Tapango). Ada juga jalur alternatif yang dapat diakses melalui jalur di kecamatan Wonomulyo. Tapi akses via jalur ini sangatlah rumit, ada banyak belokan yang harus dihadapi, jika tak dipandu oleh pemandu wisata lokal atau penduduk asli, bisa dipastikan Anda akan kebingungan.  Jika ingin lebih mudah tempuhlah jalur utama menuju kota kecamatan Tapango, via Sumberjo dan dilanjutkan dengan mengikuti jalur utama ke arah pegunungan.

Setelah melalui pusat kota kecamatan Tapango menuju desa Batu, sepanjang jalan Anda akan disambut dengan jalur jalan dengan alas beton yang cukup mulus, bahkan untuk kendaraan sekelas mobil bisa mengakses hutan pinus ini dengan mudah, apalagi jika menggunakan sepeda motor. Jarak dapat dilipat dan waktu sangat bisa di singkat dengan adanya jalur mulus ini, 1  kilometer sebelum titik utama kawasan hutan saat berbelok ke kanan maka jalur beton mulai habis berganti dengan jalur aspal dengan batu kerikil yang mulai lepas, beberapa ada yang berkubang namun tanpa lumpur. Titik saat jalan beton mulai habis adalah titik identitas dengan penanda gerbang yang bertuliskan "Selamat Datang di Desa Batu", sebelum kawasan utama pinus Tapango, maka jejeran pinus awal di sisi kanan dan kiri akan menyambut Anda. Bergantian dengan tanaman kopi dan kakao milik warga lokal yang rimbun menutupi punggung bukit dan lereng.

hutan pinus tapango polewali mandar

Titik utama kawasan hutan pinus di desa Batu, kecamatan Tapango, kabupaten Polewali Mandar (Foto : Muhammad Tom Andari)

Saat menuju jalur hutan pinus Tapango, bersiaplah untuk perubahan kondisi ketinggian dan telinga yang agak mendengung, efek perubahan ketinggian yang mendadak, saat telinga mulai terasa berdenging, dan menelan terasa lebih enak, ini berarti perbedaan ketinggian mulai terasa, hal yang lumrah untuk menuju datarn tinggi dan bertemu pinus. Ini akan Anda rasakan di jalur beton di pertengahan jalan, suasananya juga mulai berbeda dengan iklim yang agak sedikit dingin.

Saat sampai di titik utama kawasan pinus, maka Anda tak akan disambut dengan label "Selamat Datang di Hutan Pinus Tapango" label itu belum ada, sama seperti dengan objek wisata baru di Sulawesi Barat, ini hanyalah tempat orang-orang berkumpul saat hari libur atau akhir pekan, berfoto dengan latar batang besar pinus.

Lalu bagaimana menandai Anda sudah berada di kawasan utama pinus? biasanya ada banyak kendaraan pengunjung yang diparkirkan di sisi bawah bukit. Baik sepeda motor atau mobil, ada banyak yang dapat ditemukan, di hari biasa atau hari-hari libur objek wisata ini cukup ramai,  ini juga sering dilalui oleh banyak kendaraan warga yang lalu lalang untuk mengambil hasil bumi dan alam yang ada di sisi pegunungan bagian dalam. Satu tanda yang dapat dikenali adalah adanya gazebo dengan atap biru di puncak hutan pinus yang kabarnya didirikan dengan bantuan dari Dinas Pariwisata kabupaten setempat.

hutan pinus tapango polman

Titik utama kawasan hutan pinus di desa Batu, kecamatan Tapango, kabupaten Polewali Mandar (Foto : Muhammad Tom Andari)

Saat mengunjungi objek wisata hanya ada beberapa orang yang memadati hutan pinus Tapango, ada sekumpulan remaja yang mengambil foto kelompok, ada yang berswafoto, ada pula kumpulan keluarga yang datang dengan rombongan dalam satu kelompok besar. Kegiatan yang mereka lakukan hanya berfoto, mengobrol sebentar dan kemudian pulang.

Jika ingin mereguk damai yang lebih tenang bergeraklah ke sisi kanan, sisi ke arah kanan sebelum gazebo, maka Anda akan menemukan kawasn pinus yang sangat tenang, minim kunjungan, dititik  ini adalah titik terbaik untuk mendirikan tenda, (itu jika Anda adalah penyuka alam dan punya jiwa petualang) kawasan ini punya dataran yang landai, cocok untuk berkemah.

Fasilitas yang ada hanya seadanya, ada kursi panjang yang terbuat dari bambu, ada rumah pohon dengan alas bambu, satu gazebo (saung peristirahatan berukuran kecil), dan bekas kedai kecil penduduk.

fasilitas hutan pinus  tapango

Fasilitas wisata sederhana di kawasan hutan pinus di desa Batu, kecamatan Tapango, kabupaten Polewali Mandar (Foto : Muhammad Tom Andari)

Ada satu kelemahan objek wisata ini, belum ada pengelolaan limbah yang dibuang oleh pengunjung, fasiltas untuk sampah juga belum ada, belum lagi ditambah dengan tingkat kesadaran pengunjung yang masih rendah, ada begitu banyak botol dan gelas bekas air mineral yang berserakan,  namun masih ada titik-titik lain yang dapat dinikmati dan bebas dari limbah manusia.

hutan pinus polman

Fasilitas wisata sederhana di kawasan hutan pinus di desa Batu, kecamatan Tapango, kabupaten Polewali Mandar (Foto : Muhammad Tom Andari)

hutan polman

Fasilitas wisata sederhana di kawasan hutan pinus di desa Batu, kecamatan Tapango, kabupaten Polewali Mandar (Foto : Muhammad Tom Andari)

Kabarnya pengelolaan objek wisata berada dalam kelompok sadar wisata yang dimotori penduduk lokal, bisa ditebak dari bentuk fasilitas yang dibuat , yaitu spot foto dengan alas berbentuk hati di ketinggian, ini menjadi penanda dari banyak objek-objek wisata yang dikelola secara lokal di Indonesia, . Mencoba memanfaatkan latar dan bentuk hati yang lebih dekat pada kebutuhan remaja, pemuda dan generasi milenial yang haus akan foto dan latar menarik. Pengelolaan wisata di objek ini dibuat seadanya, belum profesional, karena tak ada jejak fasilitas yang dibuat dengan baik. Hanya dibuat begitu saja dan tanpa promosi sama sekali.

Hutan pinus Tapango, punya potensi yang sangat baik untuk dijadikan objek wisata destinasi pilihan liburan dan akhir pekan di kecamatan Tapango. Jika dilirik dari potensi alam, akses jalan dan kemudahan aksesnya, atraksi yang ditawarkan masih alami, dengan dukungan udara sejuk dataran tinggi.

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :


Tentang Kami | Facebook | Twitter
Mobile Version